Blogger Widgets

Selasa, 13 Oktober 2015

Sejarah PASSUS STMKG

      
Pasukan Khusus AMG merupakan sebuah organisasi Ketarunaan di bawah Komandan PASSUS korps Batalyon Akademi Meteorologi dan Geofisika, yang berada di bawah Komandan KOMPI B korps Batalyon Akademi Meteorologi dan Geofisika yang beranggotakan 10 orang terpilih dan terbaik dari setiap angkatan untuk menjalankan fungsi dan tugasnya yaitu melaksanakan tugas-tugas khusus. 

      Anggota Pasukan Khusus terbentuk karena adanya permintaan tugas - tugas penting, baik di dalam kampus maupun di luar kampus. Untuk di luar Kampus khususnya di BMKG, biasanya digunakan untuk Jajaran kehormatan dan Upacara besar. AMG pada saat itu masih memilih siapa saja yang akan ikut bertugas, tetapi cara ini tidak bertahan lama karena Pengurus Batalyon Korps Taruna AMG sulit memilih siapa saja yang ikut. Maka dari itu dibuat sebuah Pasukan yang siap sedia di segala waktu untuk diterjunkan ke tugas apabila ada panggilan mendadak 

      Tugas - tugas yang dilakukan oleh Passus diantaranya adalah menjadi petugas upacara yang diselenggarakan baik di AMG maupun di BMKG pusat. Selain itu juga bertugas dalam kegiatan-kegiatan diluar upacara seperti pelantikan pejabat-pejabat BMKG, workshop, pameran dan kegiatan lainnya. 

          Pada tahun 2015, kampus AMG resmi berganti nama menjadi STMKG (Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika). Kepengurusan di STMKG berubah dari Korps Batalyon AMG menjadi Resimen STMKG. Semenjak saat itu, PASSUS berada di bawah Komandan Batalyon 1 dan saat itu pula PASSUS AMG berubah menjadi PASSUS STMKG.  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar